1. SIFAT JAMUR, SIFAT BAKTERI dan SIFAT KAPANG

1. SIFAT JAMUR

a. Jamur Merang (Volvariella volvaceae)

Jamur merang memiliki tubuh buah berupa tungkai dan tudung dengan warna cokelat sampai cokelat tua/keabu-abuan. Tempat hidup alami jamur ini adalah media yang mengandung selulosa, misalnya tumpukan merang, limbah penggilingan padi, ampas batang aren, sisa kapas dll. Daerah sentra produksi jamur in terdapat di dataran rendah Jawa Barat (Karawang, Subang, Bekasi, Bogor, Sukabumi dll), Jawa Tengah ( Dieng, Temanggung, Sragen dll), Jawa Timur (Malang , Pasuruan dll).

b. Jamur kancing (Agaricus bisporus)

Jamur kancing mempunyai bentuk yang menyerupai jamur merang akan tetapi memiliki warna yang putih bersih dan bau yang khas. Jamur ini merupakan jamur termahal di antara jenis jamur yang dapat dikonsumsi dan dibudidayakan. Hal tersebut dikarenakan jamur tersebut biasanya digunakan untuk masakan di rumah makan kelas atas atau hotel berbintang. Tempat hidup jamur ini di alam adalah di tumpukan daun yang sudah membusuk (kompos). Jamur ini pertama kali dibudidayakan oleh negara Perancis. Ada beberapa jenis jamur kancing lain yang dibedakan berdasarkan tepat tumbuhnya, yaitu jamur kancing padang rumput, hutan bersisik, hutan cincin, ladang (paling popular di Perancis) . Dahulu jamur ini dibudidayakan di daerah Dieng, Bandung, Jogyakarta, Semarang dan Jawa Timur.

c. Jamur Tiram (Pleorotus sp.)

Pada awalnya jamur in tumbuh alami di batang-batang kayu hutan. Tubuh buah jamur ini berbentuk membulat, lonjong, melengkung seperti cangkang tiram. Tudung berwarma putih bersih (P. Florida), putih kekuningan (P. Ostreatus), merah jambu (P. Flabelatus), kelabu (P. Caju), hingga kecoklatan (P. Cystidiyosus). Jamur ini dibudidayakan di daerah Bandung, Sukabumi, Bogor, Cisarua, Lembang, Ciamis, Karangpandan (Solo).


d. Jamur kuping (Auricularia Sp.)

Jamur ini ada di alam tumbuh pada batang pohon yang sudah tumbang di hutan-hutan. Memiliki tubuh buah yang menyerupai daun telinga, dengan permukaan bagian atas mengkilap halus dan permukaan bawah berbulu halus. Terdapat tiga macam jamur kuping yaitu kuping hitam (A. Polytrica) , kuping merah (A. Yudae), kuping putih (Tremella fuciformis). Jamur ini banyak dibudidayakan di Slernan Jogja. Wonosobo, Magelang, Temanggung, Karangpandan (Solo), Bali.

e. Jamur Shiitake (Lentinus edodes)

Tempat tumbuh jamur ini di alam adalah batang pohon yang sudah lapuk. Tubuh seperti payung dengan warna kuning kemerahan atau cokelat gelap.

f. Ling-Zhi (Ganoderma lucidum)

Tempat tumbuh jamur ini di alam adalah batang kayu. Bentuk tubuh buahnya seperti kipas dengan warna kuning, merah, hijau, putih, hitam dan ungu. Tubuh buahnya berumur hingga beberapa tahun dan memiliki rasa pahit. Jamur ini dipercaya masyarakat Jepang sebagai jamur kehidupan karena dapat memperpanjang urnur. Jamur ini tidak dikonsumsi secara umum tapi sebagai obat tradisional.
Sumber : http://jamurkarangpandan.wordpress.com/

SIFAT BAKTERI,

CIRI DAN SIFAT BAKTERI

1. Bakteri merupakan mikroogranisme bersel satu.
2. Pada umumnya tidak berklrofil tetapi ada juga jenis bakteri yang mempunyai klorofil.
3. Inti selnya masih dalam bentuk prokarion.
4. Ukuran tubuhnya kebanyakan berukuran 1-5 mikron
5. Berkembang biak dengan cara membelah diri dan konjugasi (perkawinan dua individu yang belum diketahui jenis kelaminnya).
6. Dapat hidup di segala tempat misalnya di darat, udara, air bahkan dalam tubuh manusia.
7. Apabila lingkungan tidak menguntungkan, bakteri akan membentuk endospora.
8. Bakteri pada umumnya lebih tahan pada suhu rendah (40C) daripada suhu tinggi (600C ).

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/2003949-ciri-sifat-dan-bentuk-bakteri/#ixzz1dmOxt900


SIFAT KAPANG

Sifat fisiologi kapang
Kapang dapat hidup dalam keadaan sekitar yang tidak menguntungkan bila dibandingkan dengan microbe lainnya. Adapun sifat-sofat fisiologi kapang antara lain :
1. Kebutuhan air. Kebanyakan kapang membutuhkan air (aw) minimal untuk pertumbuhannya dibandinhkan denan khamir dan bakteri.
2. Suhu pertumbuhan dan pH. Semua kapang bersifat aerobic, artinya membutuhkan oksigen dalam pertumbuhannya. Kebanyakan kapang dapat tumbuh baik pada pH yang luas, yaitu 2,0-8.5, tetapi biasanya pertumbuhannya akan baik bila pada kondisi asam atau pH rendah.
3. Nutrisi. Kapang dapat menggunakan berbagai komponen makanan, dari yang sederhana sampai yang kompleks, kapang mampu memproduksi enzim hidrolitik. Maka dari itu kapang mampu tumbuh pada bahan yang mengandung pati, pectin, protein atau lipid.
4. Komponen penghambat. Beberapa kapang mengeluarkan komponen yang dapat menghambat organisme lain. Komponen ini disebut antibiotic.

Sumber : http://munief86.wordpress.com/

2. STRUKTUR MOLEKUL :

ASAM PROPIONATE = H5C2-COOH yang adalah asam propionat,
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_lemak


NATRIUM BENZOATE

Natrium Benzoat

Nama lain : Natrii Benzoas
Stuktur Molekul : C6H5-C02Na
BM : 144,11
Pemerian : Butiran atau serbuk hablur putih, tidak berbau atau hamper
tidak berbau.
Kelarutan : Larut dalam 2 bagian air, 90 bagian etanol
Khasiat : Pengawet
Stabilitas : Eektif sebagai antimikoba pada pH 2-5
Inkompatibilitas : gelatin, garam besi , garam kalsium, dan garam logam berat
perak dan Merkuri
Dosis : antimikrobial dalam sediaan oral 0,02-0,5%.

Sumber : http://zilselalubisa.blogspot.com/


3. MARFOLOGI ACETOBACTER

Acetobacter xylinum merupakan bakteri berbentuk batang pendek, yang mempunyai panjang 2 mikron dan lebar , micron, dengan permukaan dinding yang berlendir. Bakteri ini bias membentuk rantai pendek dengan satuan 6-8 sel. Bersifat ninmotil dan dengan pewarnaan gram menunjukkan gram negative.
Bakteri ini tidka membentuk endospora maupun pigmen. Pada kultur sel yang masih muda, individu sel berada sendiri-sendiri dan transparan. Koloni yang sudah tua membentuk lapisan menyerupai gelatin yang kokoh menutupi sel koloninya. Pertumbuhan koloni pada medium cair setelah 48 jam inokulasi akan membentuk lapisan pelikel dan dapat dengan mudah diambil dengan jarum oase.


Sumber : http://waluhhangit.blogspot.com/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUGGET IKAN LEMURU

PRE RIGOR, FULL RIGOR, DAN POST RIGOR.