PRODUK FERMENTASI TRADISIONAL

PRODUK FERMENTASI TRADISIONAL

NAMA : AMRIDA AKKAS
NIM : G3 1109275

No. Nama Produk Asal Daerah Keterangan
1. Kombucha Berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8-12 hari.
2. Tempe Jawa Tempe dibuat dari kedelai dengan bantuan kapang Rhizopus (ragi tempe).
3. Oncom Jawa Barat. oncom dibuat dari ampas tahu (oncom merah) dan bungkil kacang tanah (oncom hitam) menggunakan kapang Neurospora sitophila dan Rhizopus oligosporus.
4. Kecap Jawa Kecap merupakan produk seasoning dan kondimen serbaguna, dibuat dari kedelai terutama kedelai hitam. Penampakan kecap seperti pasta, dengan citarasa manis atau asin. Penambahan gula aren dalam produksi kecap manis menyebabkan teksturnya menjadi lebih kental dengan warna yang lebih gelap dibandingkan kecap asin.
5. Tauco Jawa Tauco berbentuk pasta, berwarna kuning, citarasa asin dan konsistensi seperti bubur dengan flavor seperti daging; merupakan produk fermentasi kedelai oleh kapang, kamir dan bakteri.
6. Dadih Sumatra Barat Proses fermentasinya dilakukan secara spontan oleh bakteri asam laktat yang terdapat didalam tabung bambu yang digunakan sebagai wadah fermentasinya. Dadih memiliki tekstur seperti gel dengan citarasa yang asam.
7. Dangke Enrekang sejenis keju lunak yang dibuat oleh masyarakat Enrekang, Sulawesi Selatan dengan menggunakan susu kerbau sebagai bahan bakunya
8. Tempoyak Palembang bercitarasa asam dengan sedikit rasa manis dan asin merupakan produk fermentasi daging durian yang sudah lewat matang (over ripe)
9. Urutan Bali produk sosis fermentasi lokal, yang menggunakan daging babi sebagai bahan bakunya. Proses fermentasinya dilakukan bersama-sama dengan proses pengeringan.
10. Brem Bali Brem Wonogiri berwarna putih, rasa manis, sangat mudah larut dan dibuat dalam bentuk balok bundar tipis berdiameter sekitar 5 cm.
11. Peuyem Jawa Barat tape singkongnya lunak, tapi tidak berair.
12. Dali Batak Susu kerbau yang difermentasi.
13. Kefir Uni Soviet Kefir adalah minuman yang berasal dari susu, hasil fermentasi oleh sejumlah mikroba, yaitu bakteri penghasil asam laktat (BAL), bakteri penghasil asam asetat dan khamir (ragi).
14. pepperoni Itali Terbuat dari kombinasi daging babi dan sapi, rempah-rempah dan budaya. Daging ini ini difermentasi dan dikeringkan untuk mengurangi kelembaban didalam campuran.
15. Cider Inggris Dari fermentasi sari buah dan mengandung alcohol 5-8. Selain itu cider juga bias dijadikan the atau kopi bergula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUGGET IKAN LEMURU

1. SIFAT JAMUR, SIFAT BAKTERI dan SIFAT KAPANG

PRE RIGOR, FULL RIGOR, DAN POST RIGOR.